jual kimono yukata jepang murah

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home cara memakai

cara memakai

 

Memakai Yukata
Sebelum mengenakan yukata, diperlukan hadajuban (pakaian dalam lapis pertama), 2 buah koshihimo (tali pengencang dari kain untuk mengikat kimono di bagian pinggang dan bawah dada), dan datejime (sabuk pengikat pinggang).

Setelah yukata terpasang dengan rapi, sebuah obi lalu dililitkan, kemudian kedua ujung obi ditekuk menjadi sebuah simpul di belakang pinggang. Obi kerap diperindah dengan tali yang disebut dengan obijime.

Untuk mempercantik penampilan, yukata biasanya dilengkapi tas (kenchiku) yang bisa memuat barang bawaan pribadi. Karena cara memakainya yang unik, orang Jepang sendiri kerap perlu dibantu orang lain untuk mengenakan yukatanya, namun banyak juga yang memakainya sendiri.

Obi
Obi dipakai sesuai dengan jenis kimono yang dikenakan. Obi yang sesuai dikenakan bersama dengan yukata adalah hanhaba obi, yang memiliki lebar setengah dari obi standard. Adapun obi untuk yukata pria memiliki lebar yang lebih kecil dari obi untuk yukata wanita.

Di antara beragam kreasi simpul obi yang indah, simpul kupu-kupu (bunko) merupakan salah satu yang paling populer dan paling mudah digunakan. Bentuknya menyerupai pita kupu-kupu besar.

Selain obi panjang yang bisa mencapai 3-4 meter, terdapat pula obi instant atau obi yang sudah jadi (disebut tsukuri obi). Pemakaian tsukuri obi lebih mudah dan cepat, terutama bagi mereka yang belum terbiasa memakai obi panjang. Tsukuri obi cukup dipakai dengan mengikatkan tali ke pinggang dan menjepitkan simpul obi yang sudah jadi dengan sebuah penjepit di belakang pinggang.

CARA MEMAKAI YUKATA

  1. Gunakan pakaian dalam (hadajuban) dengan rapi.2.Berdiri tegak, masukkan kedua lengan ke dalam yukata.
  2. Satukan kedua ujung kerah (tomoeri) dan tarik ke depan dengan satu tangan. Sementara tangan lainnya memegang bagian belakang yukata sambil membentuk lipatan di belakang pinggul (ohashori). Tarik dan lipat yukata sampai bagian bawah yukata mencapai ketinggian ideal dari bawah lantai.
  3. Lipat uwamae (bagian kiri yukata, yang nantinya berada di sisi atas) ke arah kanan dan ukur sampai mencapai posisi ideal (± 5 cm dari lantai), lalu buka kembali.
  4. Lipat shitamae  (bagian kanan yukata, yang nantinya berada di sisi bawah) ke arah kiri. Jarak ideal ujung bawah shitamae dari lantai sekitar 10 cm.
  5. Lipat uwamae ke kanan lagi sampai menutup shitamae. Jarak ideal ujung bawah uwamae dari lantai sekitar 5 cm.
  6. Ikat bagian pinggang dengan sebuah koshihimo. Rapikan sisa kain di atas koshihimo hingga membentuk lipatan yang rapi.
  7. Tarik kerah belakang ke arah bawah sampai menyisakan sedikit ruang antara leher dan kerah. Pastikan jahitan yukata di belakang punggung (senui) berada tepat di tengah.
  8. Rapikan kerah depan hingga membentuk V yang indah, lalu ikat bagian bawah payudara dengan sebuah koshihimo.
  9. Rapikan sisa kerutan di bawah ketiak dengan melipatnya masuk ke arah perut (terutama bagi yang bertubuh langsing dan menyisakan banyak kerutan kain). Lalu pasang datejime (sabuk pengikat).
  10. Lilitkan obi. Selesai.



Perhatikan!

  • Pastikan jahitan belakang yukata yang terletak di belakang punggung (senui) berada tepat di tengah.
  • Sedangkan jahitan belakang yukata di belakang kaki tidak harus berada di tengah.
  • Bagi yang bertubuh tinggi, yukata boleh dikenakan tanpa ohashori (lipatan di pinggang/pinggul)
  • Setelah obi selesai dililit dan dibentuk simpul, putar simpul obi ke belakang searah jarum jam agar tidak merusak bentuk kerah V.


Sumber foto: http://google.com

 


Testimonial

yukata kita oke bget..
Thx ya yukata sudah sampai.Bahanya bagus halus...Cuma bingung bikin obi nya,, ada obi instan u/ anak2 ga ya??
Bahan nya adem dan halus

Yang saya kasih Hadiah sudah buka yukatanya.. Komentarnya dia warnanya bagus, bahannya juga adem.., Tapi makenya masih belum bisa sendiri.., agak ribet.. Hehehe.., thanks banget Yukatakita.com :)

yukata datang saya pun senang
yukatanya udah datang bahannya bagus , mudah dipakai dan ngga ribet juga. sesuai bangeet.. terima kasih Yukatakita :)


Ready Stock (klik pada gambar untuk memperbesar)

galerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigalerigaleri